Berani Mandiri itu Hebat!

Memiliki usaha yang dapat dirintis sejak usia muda dapat menjadi hal yang menguntungkan di masa depan.  Di masa ini, banyak mahasiswa yang telah sukses merintis usaha sejak duduk di bangku kuliah. Dengan usia yang muda dan kuantitas waktu luang yang tersedia sebagai mahasiswa, memulai suatu usaha dengan serius dan tanggung jawab tentunya akan bisa menjadi peluang usaha yang potensial untuk mendapat penghasilan tambahan guna membayar uang kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya.

Salah satu mahasiswa yang sedang merintis usahanya ialah Eras Yudhanto. Dia sedang menjalankan kuliah di UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi 2012.  Ia sedang menjalani usahanya di bidang jasa yakni menjadi Bergodo Dipoyudhanto. Salah satu faktor alasan ia berwirausaha disaat ia masih status mahasiswa ialah faktor ekonomi keluarga yang dimana eras harus membiayai kuliahnya sendiri. Eras sendiri terinspirasi dari sewaktu SMA ia pernah mengisi suatu acara musik yang dimana band ia tampil dengan mengenakan pakaian Bergodo. Setelah acara selesai banyak yang minta berfoto bersama dan membayarnya. Hal tersebut menjadikan peluang bisnis bagi eras, yang dimana Jogja maupun jawa belum pernah ada dengan konsep bergodo seperti itu, dan bagaimana pasangan yang menikah menjadi raja dan ratu dalam sehari jadi akan senang jika pernikahannya di kawal oleh prajurit bergodo lebih lagi dalam adat jawa.

Bergodo merupakan Prajurit yang bertugas memimpin acara-acara atau festival yang diadakan Wedding Organizer. Prajurit ini biasanya berisikan orang muda maupun tua yang identik dengan seragam berwarna coklat, merah, dan hitam. Berawal dari lokasi Nol Kilometer Yogyakarta eras mengajak teman-temannya untuk memulai bisnisnya. Setelah senja terbenam eras mulai bersiap menuju lokasi. Memakai seragam bergodo yang gagah dia menawarkan jasa untuk berfoto bersama dengan imbalan seikhlasnya. Eras yang memiliki sifat keramahan dan lucu selayaknya orang jawa mampu menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung di Nol Kilometer.

Lambat laun, usaha ia kini mulai dikenal. Tak khayal, tawaran untuk mengisi di acara pernikahan adat jawa mulai berdatangan. Dengan banyaknya tawaran tersebut laki – laki yang identik dengan kumis tebal itu mempunyai pikiran untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Media Sosial yang akhir-akhir ini sedang naik daun yakni instagram dijadikan sarana promosi. Dampaknya sangat berasa bagi bisnis yang sedang dijalani walaupun masih seumur jagung. Bukti nyata, eras sempat beberapa kali tampil di acara nikahan luar kota seperti Magelang, Semarang, bahkan yang terjauh di Ibu Kota Jakarta. Hasilnya mampu dirasakan untuk membiayai kuliahnya dan meringankan beban orang tua.

Berdasarkan sosok dari eras dapat dikatakan bahwa berwirausaha selama menjadi mahasiswa tidak harus meninggalkan kuliah. Ada beberapa keuntungan ilmu yang didapat yang pertama dari kuliah yang dijalankan beliau dan kemudian  mendapatkan pengalaman serta penghasilan tambahan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya di bangku kuliah.

Mahasiswa yang hebat adalah mahasiswa yang tidak hanya memikirkan kebutuhannya sekarang tetapi dia memikirkan kebutuhan yang akan datang yang bagaimana dapat terus berpikir inovatif, kreatif dan respect akan situasi, mahasiswa yang menggali potensi diri dan tidak hanya mengandalkan kekayaan orangtuanya. Yang itu akan lebih memuaskan dan membanggakan hati kita karena kita bisa menggali potensi yang ada pada diri kita,kita bisa berguna bagi oranglain,dan utamanya kita bisa membuat bangga kedua orangtua kita.

img_5271

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s